2016-01-15

Hal Kecil Bikin Pengeluaran Anda Besar

Mungkin bisa jadi setengah bijak jika kita memakai lembar demi lembar uang untuk sederet pengeluaran kecil berikut ini. Maklum, pengeluaran kecil lebih terasa seperti air yang mengalir.

Mengisi Bensin
Tentu saja ini jadi kewajiban kita yang memakai kendaraan bermotor. Hitung-hitungan pengeluaran ini haruslah dikhususkan karena menunjang aktifitas kerja. Yang patut diperhatikan adalah ketika jumlah pengeluaran ini ternyata sama banyaknya dengan segelas kopi latte favorit Anda! Tentu saja itu jadi dilema sepele yang menganggu: pilih isi bensin atau ngopi?

Makan Daging Tiap Hari
Belum ada data pasti seberapa banyak kita, orang Indonesia, menghabiskan isi kocek untuk makan daging tiap hari. Yang jelas, sebanyak 20 persen orang Amerika mengisi belanjaan mereka dengan membeli daging. Demikian laporan Bureau of Labor Statistic. Bagaimana dengan di sini? Kira-kira saja, seporsi ayam cepat-saji dikalikan jumlah berapa kali Anda memakannya tiap minggu. Nah …

Beli Aplikasi dan Lagu
National Endowment for Financial Education menemukan bahwa ada sepertiga orang yang secara impulsif suka membelanjakan uangnya di toko aplikasi ponsel pintar (ponpin) mereka. Tak heran jikagame Candy Crush Saga mendapuk tujuh milyar sehari dari fitur premium mereka! 40 persen kontribusinya berasal kita, kaum Adam. Demikian data dari NewZoo, sebuah firma riset industri game. Musik apalagi. Coba hitung iseng-iseng, satu lagu seharga satu dolar, dikalikan dengan lagu-lagu yang Anda unggah dalam sebulan. Totalnya adalah …

Bayar Bunga Bank
Ini yang paling tak disangka. Tahukah Anda jika saldo tabungan berada di bawah jumlah nominal tertentu, maka pihak bank akan memotongnya dengan biaya? Memang sih jumlahnya tak terlalu kentara, tapi jika itu terus berlangsung bulan demi bulan, itu akan memengaruhi saldo tabungan! Ini termasuk juga dengan ‘simpanan’ kartu kredit Anda yang selalu setia men-charge dengan bunga indahnya. Hmmm …

Beli Produk Sekali Pakai
Kenyamanan memang harus dibayar dengan harga pantas. Dapur tanpa tisu jelas akan kotor. Tambah lagi pemakaian tisu sekarang tak hanya di seputar meja makan saja, tapi sudah merambah ke ruang tamu, kamar, meja kantor (buat Anda yang tak mendapat jatah tisu) dan kamar mandi – tambah lagi di mobil … Solusi sepelenya: pergunakan kain lap di area-area yang memang masih bisa memakainya!

Merawat Rumah
Ini seputar pancuran air panas atau pemanas air. Biaya untuk merawatnya memang tak seberapa, tapi kalau intens untuk memerhatikan pengunaannya Anda pasti bisa menabung beberapa lembar uang untuk hal lain. Clue-nya? “Pemanas air biasanya bertahan selama 10 tahun, kalaupun rusak bisa terjadi tiap enam bulan sekali dan bisa benar-benar rusak setelah empat hingga lima tahun pemakaian,” ujar John Bodrozic, pendiri HomeZada, situs perawatan rumah. Nah, sekarang Anda bisa mengantisipasinya!



Pastinya, pemakaian uang tentu saja didasari bukan dari perasaan tapi dengan fakta. Menghindari realita (kondisi keuangan) adalah sesuatu yang berbahaya!
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Blog Archive

Definition List

Unordered List

Support