2016-01-23

budidaya kurma

Kurma, buah yang satu ini tentu sudah tidak begitu asing di telinga anda. Terlebih saat bulan puasa ataupun saat hari raya Idul fitri tiba. Berbagai macam jenis kurma pun akan selalu memenuhi pasaran di tanah air. Buah yang memiliki rasa yang khas ini memang kian di gemari oleh masyarakat kita karena segudang manfaat yang bisa diperoleh darinya. Namun, pernahkah terlintas dalam benak anda untuk membudidayakan kurma ini di pekarangan yang anda miliki? Jika ya maka artikel berikut ini akan menjawab keinginan anda tersebut karena disini saya akan memberikan sedikit ulasan tentang budidaya kurma yang bisa untuk anda coba di rumah.
Hal pertama yang harus anda lakukan adalah dengan mencari bibit kurma di toko yang menyediakannya. Atau mungkin juga bisa membeli kurma yang biasa anda makan. Biji dari kurma yang anda beli inilah yang nantinya akan anda tanam.
Langkah kedua adalah dengan melakukan perendaman biji kurma. Hal ini anda lakukan 2 x 24jam. Pertama anda rendam biji kurma yang telah anda siapkan selama kurang lebih 24 jam, lalu bersihkan dari daging kurma yang masih menempel pada biji. Setelah itu lakukan perendaman serupa hingga 24 jam agar biji kurma benar-benar bersih dan siap untuk anda tanam.
Setelah melakukan proses perendaman maka selanjutnya yang perlu anda lakukan adalah menyimpannya dalam wadah yang memiliki kelembaban yang cukup semisal kotak makan ataupun wadah yang lainnya yang tertutup. Selain itu jangan lupa anda menambahkan tisu basah pada bagian bawah wadah agar kelembaban udara di dalam wadah tetap terjaga.
2 minggu kemudian biji kurma tersebut akan muncul bintik putih. Dan ini merupakan tanda bahwa itulah yang nantinya menjadi bakal akar dari kurma anda.
Ketika ukurannya telah semakin besar kira-kira 1 hingga 2 cm, anda pindahkan ke wadah lain semisal polybag atau pot kecil yang telah anda beri media tanam yang pas.
Biji kurma anda pun akan memunculkan daun, nah ketika daun ini telah mencapai ketinggian lebih dari 1/2m, bibit kurma pun siap untuk anda pindahkan ke pekarangan anda.
Cara tersebut memang cukup praktis dan mudah namun anda tidak dapat mengetahui secara pasti apakah kurma yang anda tanam itu jantan ataupun betina. Selamat mencoba.
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Blog Archive

Definition List

Unordered List

Support